mengenal serangan dari internet



Bagi yang sudah terbiasa bekerja menggunakan internet, mungkin sudah faham tentang bahaya saat berinternet, yang tentu dapat mengerugikan kita. Entah itu dari segi waktu, uang dsb. tetapi bagi yang baru mengenal internet atau sudah terbiasa tapi belum mengetahui bahaya apa saja dalam berinternet hal-hal ini perlu diperhatikan agar kita dapat menghindarinya.:

a. Phising
Kejahatan dumay (dunia maya) dengan modus menipu sang korban, biasanya dengan cara memalsukan sebuah domain atau alamat dari situs tertentu. Kelemahan pengguna dalam menafsirkan sebuah informasi di internet membuat mereka menjadi sasaran empuk bagi kejahatan phising.

Kesalahan dalam mengetikan suatu alamat url, berakibat terbukanya sebuah situs palsu pada jendela browser, yg jika anda memasukan informasi yang penting kedalamnya bisa berakibat kerugian.

b. Rootkit
Rootkit pada dasarnya adalah sebuah program yang dibuat guna melindungi hak paten untuk produk multimedia seperti: DVD atau CD Audio. Sampai akhirnya bisa dimodifikasi menjadi program yang dapat mengontrol komputer melalui hak akses Administrator.

Rootkit yang sudah masuk dalam ke dalam OS bisa menamar menjadi file driver, modul, atau file milik sistem lainya, sehingga sangat sulit untuk dideteksi oleh program anti virus.

c. Spam
bagi yang biasa pake e-mail sbg sarana komunikasi pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah ini. Spam atau biasa juga disebut "junk mail", adalah email yang berisi pesan iklan, biasanya iklan yang tidak kita kehendaki, spam sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja mengganggu atau bisa memenuhi ruang penyimpanan e-mail. Beda lagi kalu spam sudah disisipi dengan kode program jahat, ini berakibat bahaya dan harus diwaspadai.

d. spyware
kalau diartikan, spy berarti "mata-mata" jadi spyware adalah program atau perangkat lunak yang memata-matai aktivitas pengguna lain melalui internet. Spyware diinstall atau dikirim ke komputer orang lain bertujuan untuk mencuri informasi seperti e-mail, account, password, bisa juga informasi tentang kartu kredit.

e. Trojan Horse
Trojan dikenal juga dengan istilah remote acces trojan atau remote acces trapdor (RAT), merupakan software yang dirancang untuk menjadi program yang bisa menyerupai program lain dengan tujuan tertentu.
Trojan bisa berupa program apa saja yang biasa dijumpai oleh pengguna seperti aplikasi sistem, game, dan sebagainya, untuk mengelabuhi korbanya. jika korbanya tertipu untuk menjalankan filenya, maka trojan akan segera bekerja sesuai dengan kehendak pembuatnya, seperti memanipulasi file, menjalankan program atau lainya. Trojan hanya aktif jika dieksekusi dan tidak bisa memperbanyak diri seperti virus.

f. Virus
ini dia yang paling populer diantaranya, sebagian orang jika mendapati ada program yang rusak, pasti virus yang dijadikan kambing hitamnya. mungkin ya mungkin juga tidak. Virus merupakan peragkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem atau tujuan lainya yang merugikan. program yang dirancang untuk melakukan hal-hal yang sifatnya negatif terhadap sistem komputer, sama halnya seperti virus yang ada didunia, virus komputer juga bisa memperbanyak diri dengan menginfeksi komputer lain. maka dari itu, pakailah antai virus sebelum komputer anda berhubungan dengan komputer lain.

g. worm
Worm hampir sama dengan Virus, tapi worm bekerja tidak memerlukan perantara. Worm bisa menggadakan diri, merusak data, dan kemampuan lain seperti halnya virus. karena kemampuan yang sama inilah sebagian besar worm bisa di dibasmi dengan antivirus.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar